Vlookup Dengan 2 Kondisi atau Lebih

VLOOKUP dengan 2 Kondisi

Fungsi VLOOKUP digunakan untuk mengambil atau menampilkan suatu parameter data dari list atau tabel parameter yang ada pada data tersebut. Salah satu contoh penggunaan VLOOKUP misalnya untuk mengetahui harga suatu barang dari banyak jenis barang yang Anda miliki. Pertanyaannya, bagaimana jika suatu barang memiliki beberapa tipe atau jenis dan memiliki memiliki harga yang berbeda untuk setiap tipe atau jenis yang ada? Kondisi seperti ini bisa diselesaikan dengan menggunakan VLOOKUP dengan 2 kondisi atau lebih.

vlookup dengan 2 kondisi atau lebih

Contoh VLOOKUP dengan 2 Kondisi

Sebagai contoh, sebuah dealer sepeda motor menjual 2 model atau varian motor yang akan dijual kepada konsumen yaitu model “Standard” dan model “Disk Break” dimana harga Disk Break lebih mahal dibandingkan Standard. Konsumen bisa menggunakan 2 cara pembayaran yaitu dengan cara tunai dan kredit melalui beberapa tipe angsuran. Meskipun banyak konsumen yang memilih membeli dengan cara kredit, seringkali mereka ingin mengetahui berapa harga tunai dari motor yang ingin dibeli. Dengan demikian, Anda harus menampilkan harga tunai untuk masing-masing model sepeda motor model Standard dan model Disk Break.

Pada kondisi atau kasus seperti ini, ada dua kondisi untuk formula VLOOKUP yang digunakan untuk mengetahui harga kedua model sepeda motor, yaitu sebagai berikut:

Jika sepeda motor memiliki Model Standard, maka harganya adalah sebagai berikut:

=VLOOKUP(C3,harga,2,0)

Jika sepeda motor memiliki Model Disk Brak, maka harganya adalah sebagai berikut:

=VLOOKUP(C3,harga,3,0)

Jika sepeda motor memiliki model yang lain, maka harganya adalah:

=VLOOKUP(C3,harga,kolom_harga,0) dan seterusnya.

Untuk menggabungkan VLOOKUP dengan 2 kondisi atau lebih, kita bisa menggunakan formula IF bersarang atau nested IF. Formula VLOOKUP dengan 2 kondisi pada kolom F3 yaitu sebagai berikut:

=IF(D3=”Standard”,VLOOKUP(C3,harga,2,0),IF(D3=”Disk Break”,VLOOKUP(C3,harga,3,0),”Model Tidak Diketahui”))

Untuk mengontrol atau memvalidasi jika Anda memasukkan model sepeda motor selain model Standard dan Disk Break, Anda bisa menambahkan ketarangan “Model Tidak DIketahui” pada akhir formula. Formula VLOOKUP dengan 2 kondisi di atas juga bisa digunakan untuk lebih dari 2 kondisi dengan cara menambahkan fungsi IF sebanyak kondisi atau tipe model yang ada hingga maksimum 64 kondisi.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *